Pembelajaran mengaji pada anak usia dini merupakan hal yang lumayan sulit untuk diterapkan secara berkelanjutan. Hal ini dikarenakan pembelajaran mengaji sering tersaingi dengan permainan yang kini tidak kalah menarik.

Pembelajaran mengaji pada anak biasanya tersaingi dengan permainan online yang tentunya dirasa lebih menarik dan menyenangkan. Apalagi jika anak-anak sudah mengenal yang namanya gadget.

Tak jarang anak yang berusia di bawah 5 tahun sudah mampu mendownload permainannya sendiri. Mulai dari permainan yang sederhana hingga permainan online. Hal ini dipengaruhi oleh perkembangan teknologi yang mau tidak mau menuntut para pelaku mengikuti trend yang berkembang.
Pembelajaran mengaji akan lebih mudah diterapkan jika anda memperhatikan tips berikut ini.

Tips agar anak mudah mengikuti pembelajaran mengaji

Biasakan Walau Satu Huruf

Membiasakan anak untuk mengikuti pembelajaran mengaji memang sulit, namum ada baiknya jika anda memulai dengan memaksa. Anda dapat membiasakannya dengan mulai dari satu huruf. Meski dari satu huruf jika diulang dengan rajin tentunya akan berhasil dan anak anak mudah hafal.

Jangan Pedulikan Waktu

Mood anak memang berbeda-beda. Terkadang memiliki mood baik dan terkadang mood yang dimiliki justru menurun. Untuk menyikapi hal ini tentunya anda sebagai orang tua juga tetap harus menyikapi dengan positif. Kapanpun anak berkeinginan untuk mengaji, maka saat itu juga hendaknya anda menurutinya.

Ajak Bersosialisai

Sosialisasi anak dengan teman temannya itu penting, karena bagaimanapun juga sosialisasi merupakan salah satu cara anak berkomunikasi dengan teman temannya. Anak yang mudah berkomunikasi tentunya akan mudah untuk berunding dan menentukan aktifitas yang akan dilakukan salah satunya yaitu mengaja.

Jauhkan Dari Gadget

Cara lainnya yang dapat dilakukan untuk memicu anak agar mudah mengikuti pembelajaran mengaji yaitu menjauhkannya dari gadget. Hal ini tentunya karena gadget merupakan salah satu poin yang memicu anak malas melakukan kegiatan mengaji.

Kenalkan Kisah Teladan

Kisah teladan yang diajarkan kepada anak dapat menjadi motivasi bagi anak untuk melakukan pembelajaran mengaji. Kisah teladan selain berupa kisah rasul dan nabi-nabi terdahulu, dapat juga berupa kisah masa kini yang ada di sekitar.

Uraian mengenai tips agar anak mudah mengikuti pembelajaran mengaji sejak dini di atas dapat dilakukan dengan telaten dan sabar. Dapatkan info parenting lainnya agar anda dapat mantap untuk mendidik anak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.